Featured Post

كيف يتخلص الإنسان من ذنوب الخلَوات؟

كيف يتخلص الإنسان من ذنوب الخلَوات؟ السؤال: ما المقصود بـ " ذنوب الخلوات " ؟ وكيف يستطيع الإنسان التخلص منها ؟ . ولدي استفسار ...

Friday, July 18, 2014

Mazhab / Aliran / Sekte

·         Mazhab ‘Aqidah.
1.    Mazhab Qadariyah.
o   Aliran ini berpaham bahwa manusia punya kekuatan sendiri dan punya kebebasan dalam memilih dan berkehendak, dan manusia mampu berbuat baik itu perbuatan buruk dan perbuatan baik, juga manusia tidak tunduk dibawah qadar Tuhan.
2.    Mazhab Mu’tazilah

o   Ajaran Mu’tazilah punya beberapa ajaran yang sangat populer tentang al adlu, al wa’du, al manzilatu baina manzilatain, tentang Al- Amr Bi Al-Ma’ruf Wa An-Nahy An-Munkar
3.    Mazhab Maturidiyah
o   Menurut Maturidiyah perbuatan manusia itu adalah ciptaan Tuhan. Dan bahwa sifat Allah bukan dzat Allah dan menolak antropomorfisme.
4.    Mazhab ‘Asy’ariyah.
o   Al ‘asy’ariyah merupakan kelompok penengah antara mu’tazilah dan Jabariyah yaitu akidah al ‘asy’ariyah berpendapat bahwa hamba wajib berusaha tetapi tidak mempunyai ta’sir, maka hamba bukanlah orang yang majbûr yang tidak ada ikhtiar sama sekali. Dan perbuatan yang dikerjakannya, bukanlah hasil ciptaan sendiri, tetapi ciptaan Allah, Berarti jika Allah memberi pahala, semata-mata karena karunia-Nya. Dan jika Allah memberikan siksa, semata-mata karena keadilan-Nya. Allah menciptakan bagi makhluknya ikhtiyâr, di mana seorang hamba sanggup mengerjakan suatu perbuatan dan meninggalkannya. Ikhtiyâr ini lah yang menjadi sasaran taklîf sehingga kita wajib berusaha meskipun usaha kita tidak memberi pengaruh (ta’sir) sedikitpun, ta’sir itu sepenuhnya berada pada qudrah Allah Ta’ala.
5.    Mazhab Murji’ah.
o   Paham ini muncul akibat tidak sepaham dengan khawarij, mereka tidak memvonis kafir bagi pembuat dosa, bukan seperti Khawarij, akan tetapi yang patut menghakimi kafir atau tidaknya yaitu Allah Ta’ala kelak di hari kiamat. Aliran ini timbul akibat karena pembunuhan dan peperangan antara sesama muslim di masa Ma’awiyah.
6.    Mazhab Jabariyah.
o   Aliran Jabariyah adalah sebuah aliran yang berkaitan dengan akidah dalam agama Islam, dan mereka memahami bahwa perbuatan manusia ini sepenuhnya dari Tuhan dan manusia tidak berbuat apa-apa.
·         Mazhab Fiqh.
1.    Mazhab Syafi’iyah.
o   Mazhab Syafi’i adalah sebuah mazhab dalam ilmu fiqh yang dicetuskan oleh Muhammad Bin Idris asy Syafi’i. Mazhab Syafi’i merekomendasi dasar mazhabnya yaitu pada Alquran, Sunnah, Ijma’ dan Qiyas.
o   Juga ada Qaulu Qadim (sebelum ke Mesir) dan Qaulu Jadid (setelah menetap di Mesir).
2.    Mazhab Hanafiyah.
o   Pendiri Mazhab ini adalah Imam Abu Hanifah Nu’man Bin Tsabit bin Zouthi. Dasar Mazhab ini ialah Alquran, Hadits, Qiyas, Istihsan, ‘Uruf, Qaulu Sahabi, dan Syariat man qablanaa.
3.    Mazhab Malikiyah.
o   Mazhab ini dinamakan berdasarkan pencetus pertama yaitu Imam Malik, dia membangun madzhabnya dengan 20 dasar; Al-Quran, As-Sunnah , Ijma’, Qiyas, amal ahlul madinah, perkataan sahabat, istihsan, saddudzarai’, muraatul khilaf, istishab, maslahah mursalah, syar'u man qablana
4.    Mazhab Hanabilah.
o   Mazhab ini di dirikan oleh Ahmad bin Muhammad bin Hanbal, mazhab ini yang menjadi pondasinya adalah Alquran, Hadits, tidak boleh mendahulukan Ra’yu ( pendapat/ pemikiran), Qiyas dan perkataan Sahabat.
5.    Mazhab Ja’fariyah.
o   Yang mendirikan Mazhab Ja’fariyah ialah Ja’far bin Muhammad al Baqir bin Ali Zainal Abidin bin Husein, cucu Nabi Muhammad, ini merupakan salahsatu Mazhab Fiqh dalam Syiah Imamiyah duabelas. Yang menjadi dasar mazhab ini adalah Alquran, Hadits, Ijma’ dan akal. Akan tetapi yang dimaksudkan dengan Alquran adalah Alquran yang berasal dari Imam Ma’sum mereka, bukan berasal dari ahli sunnah wal Jama’ah, karena menurut mereka Alquran Ahlu Sunnah wal Jama’ah telah di nodai dan terjadi penyelewengan.
·         Mazhab Tasawuf.
1.    Tarekat Syattariyah
Tarekat Syathariyah pertama kali digagas oleh Abdullah Syathar (w.1429 M). Tarekat Syaththariyah berkembang luas ke Tanah Suci. Yang bisa kita pahami bahwa Hubungan wujud Tuhan dengan insan kamil bagaikan cermin dengan bayangannya. Pembahasan tentang Insan KamiI ini meliputi tiga masalah pokok: Pertama; Masalah Hati. Kedua Kejadian manusia yang dikenal dengan a’yan kharijiyyah dan a’yan tsabitah. Ketiga; Akhlak, Takhalli, tahalli dan Tajalli.
2.    Tarekat Sammaniyah
3.    Tarekat Syadhziliyah
Didirikan oleh Abul Hasan asy-Syadzili, tarekat ini dipengaruhi oleh pemikiran Imam al Ghazali
4.    Tarekat Qadiriyah.
Qodiriyah adalah nama sebuah tarekat yang didirikan oleh Syeikh Muhyidin Abu Muhammad Abdul Qodir Jaelani pada tahun 1180 H/1669 M. Mazhab ini punya kelonggaran dimana seseorang yang sudah menjadi Syeikh bisa memodifikasi tarekah dan tidak mesti untuk terus menerus mengikuti gurunya.
5.    Tarekat Naqsyabandiyah.
Ghulam Ali yang termasuk pemula dalam tarekat ini. Teknik dasar Naqsyabandiyah adalah zikir yaitu mengulangi terus menerus menyebut nama Tuhan ataupun menyatakan kalimat la ilaha illallah. Tujuan latihan itu ialah untuk mencapai kesadaran akan Tuhan yang lebih langsung dan permanen.
·         Mazhab Filsafat.
1.    Mazhab Rasionalisme
Mazhab yang punya doktrin bahwa kebenaran haruslah ditentukan melalui pembuktian, logika, dan analisis yang berdasarkan fakta, bukan daripada melalui iman, dogma, atau ajaran agama.
2.    Mazhab Positivisme
Sebuah mazhab yang menekankan pemikiran pada apa yang telah diketahui, apa yang faktual, yang nyata, dan apa adanya.
3.    Mazhab Idealisme
Idealisme memfokuskan pada pemikiran bahwa seluruh realitas itu bersifat spiritual atau psikis, dan materi yang bersifat fisik sebenarnya tidaklah nyata.
4.    Mazhab Empirisme
Mazhab ini yang menekankan pada pengalaman nyata atau empiris yang menjadi sumber dari segala pengetahuan.
5.    Mazhab Pragmatisme
Sebuah mazhab yang menegaskah bahwa segala sesuatunya haruslah bernilai benar apabila membawa manfaat secara praktis bagi manusia secara keseluruhan.
6.    Mazhab Fenomenologi
Maazhab ini bersandar pada kemunculan fenomena-fenomena baik yang nyata maupun semu. Baik ditemukan oleh panca indera ataupun melalui tanpa indera.
7.    Mazhab Eksistensialisme
Yang mengembangkan pemikiran bahwa filsafat berpangkal dari realitas yang ada dan manusia itu memiliki hubungan dengan keberadaannya dan bertanggung jawab atas keberadaan itu.
·         Mazhab Politik
1.    Mazhab Historis
2.    Mazhab Sosiologis
3.    Mazhab Yuridis
4.    Mazhab Filosofis
·         Mazhab Ekonomi
1.    Mazhab Historis
Mazhab Historis adalah mazhab ekonomi yang mempelajari dari sisi sejarahnya.
2.    Mazhab Analitis

Kalo Mazhab Analitis adalah mazhab yang mengkaji dari sisi pembahasan dan permasalahannya ekonomi.